Monday, February 25, 2013

Taman Balekambang awalnya bernama Partini Tuin dan Partinah Bosch


Taman Balekambang awalnya bernama Partini Tuin dan Partinah Bosch, yang dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII tanggal 26 Oktober 1921. Karena rasa sayang beliau pada putri-putrinya, GRAy Partini Husein Djayaningrat dan GRAy Partinah Sukanta, maka nama putrinya tersebut diabadikan sebagai nama taman.

Beliau membangun Taman Balekambang dengan memadukan konsep Jawa dan Eropa, waktu itu balekambang sering digunakan sebagai tempat bersantai/rekreasi khusus keluarga dan kerabat istana Mangkunegaran, baru pada era KGGPA Mangkunegara VIII, Taman Balekambang dibuka untuk umum dan sejak saat itu mulai diadakan hiburan untuk rakyat seperti kethoprak lesung, yaitu kethoprak yang diiringi dengan musik lesung dan berkembang sampai sekarang yang diiringi dengan gamelan.

Setelah Taman Balekambang direvitalisasi pada tahun 2008, di samping fungsi utamanya sebagai daerah resapan dan paru-paru kota, juga diperuntukan sebagai ruang publik yang dapat difungsikan sebagai taman seni dan budaya, taman botani, taman edukasi, dan taman rekreasi.

Kapan Panjenengan terakhir dolan ke taman ini, Sedherek?
#SoloNgangeni

| Arie Kurniawan | Ref & foto: tamanbalekambang.blogspot.com |

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls